Hipertensi yang Tidak Terkontrol Picu Kerusakan Multiorgan


elasa, 06/04/2010 11:00 WIB

Hipertensi yang Tidak Terkontrol Picu Kerusakan Multiorgan

AN Uyung Pramudiarja – detikHealth

img

Jakarta, Karena suatu dan lain hal, hipertensi sering tidak tertangani dengan baik. Jangan dibiarkan, karena bisa memicu kerusakan multiorgan termasuk jantung dan ginjal.

Hipertensi ditandai dengan tekanan sistolik di atas 14 mm Hg dan diastolik di atas 90 mm Hg. Nilai normalnya adalah 120 mm Hg untuk sistolik dan 80 mm Hg untuk diastolik.

Meski berbahaya, tidak semua penderita hipertensi menyadari gejalanya hingga berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Ada juga yang menyadari, namun mengabaikan pengobatan dan tidak menjalankan diet yang dianjurkan untuk
penderita hipertensi.

Ketika tidak tertangani dengan baik, hipertensi akan memunculkan gejala seperti rasa mual, sakit kepala dan mengantuk. Kondisi tersebut juga akan memberi dampak pada penglihatan, yang jika dibiarkan akan terus memburuk.

Seperti dilansir mayo clinic, Selasa (6/4/2010), komplikasi yang mungkin terjadi juga tidak main-main. Jika tidak segera di tangani, bersiaplah untuk menerima bonus sebagai berikut:

1. Coronary Artery Diesease
Tekanan darah tinggi akan memicu kerusakan pembuluh darah. Kerusakan ini akan menghambat aliran darah, dan mengganggu aliran darah ke seluruh tubuh.

2. Cardiovascular Disease
Kerusakan pembuluh darah akan memaksa kerja jantung untuk menyesuaikan tekanan darah ke kondisi normal. Jika dibiarkan, kondisi ini dapat memicu serangan jantung.

3. Stroke
Kerusakan otak karena stroke terjadi akibat penyempitan pembuluh arteri yang membawa oksigen ke otak. Tekanan yang tinggi juga bisa memecahkan pembuluh darah di otak, sehingga terjadi stroke hemoragi.

4. Gagal Ginjal
Pecahnya pembuluh darah juga bisa terjadi di ginjal. Paling tidak, penyempitan pembuluh darah akan mengurangi fungsi ginjal dalam menyaring darah.
(up/ir)

2 responses to “Hipertensi yang Tidak Terkontrol Picu Kerusakan Multiorgan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s